Skip to main content

Bagaimanakah Pendidikan Di Indonesia



Bagaimanakah Pendidikan di Indonesia
Dunia persekolahan di Indonesia identik dengan pengajaran. Orientasi sekolah yang kuat adalah pengalaman. Ujian Nasional selama bertahun-tahun lebih bermaksud mengukur pencapaian pengetahuan dalam ranah kognitif-akademik saja. Dan hasilnya pun kurang atau tidak memuaskan banyak pihak. Disamping itu langkanya sekolah yang mengorganisasikan dan memanajemini kurikulum yang juga menangani masalah-masalah soasial disamping masalah akademik, seakan hasil belajar seperti yang digariskan oleh taksonomi kognitif Bloom.
Diduga kenyataan seperti ini, telah berlangsung lama dengan beberapa kali perubahan kurikulum. Dalam kehidupan harian dunia persekolahan Indonesia, terbaca bahwa pendagogi Indonesa dewasa ini berorientasi akademik. Beberapa artefaknya yang berumur panjang antara lain: UN (Ujian Nasional). Dalam hal ini hanya berorientasi pada akademik saja, artinya hanya pada pengetahuan dan keterampilan atau iptek. Orientasi lain seperti relasi-relasi sosial, kultural, politis dan kemanusiaan seolah-olah terabaikan pada pendagogi akademik tersebut.
Lain halnya dengan pendagogi kritis sebagaimana dikemukakan oleh Giroux (1994: 24) bahwa pendagogis kritis memancarkan sinyal-sinyal pertanyaan tentang sasaran belajar, pendapat, kekuasaan, dan evaluasi secara aktif bekerja mengkontruksi relasi-relasi antara guru-guru dan para siswa, institusi-institusi dan masyarakat, dan ruang-ruang kelas dan komunitas. Pendagogi dalam artian kritis mengiluminasikan relasi-relasi antara pengetahuan, otoritas dan kekuasaan. Pendagogik Freire yang komprehensif harus dianalisis secara kritis melalui sebuah penelitian dalam bentuk sebuah analisis konseptual. Hasilnya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang berkepentingan untuk melakukan konseptualisasi penfagogik, termasuk konseptualisasi pendagogi Indonesia.
Maka dengan jelas bahwa pendidikan kita adalah pendidikan yang berorientasi pada konsumsi pengetahuan kurang fokus pada bagaimana pengetahuan diproduksi. Adapun masalah yang teridentifikasi adalah proses pendidikan/pembelajaran yang masih menunjukkan, bahwa guru masih mempunyai peran sentral dalam pembelajaran, lebih teacher oriented. Selanjutnya siswa memperoleh pengetahuan dalam tingkatan memorisasi. Serta pemilikan pengetahuan lebih bersifat konsumtif dari pada memproduksi pengetahuan, jauh dari upaya mengtransformasikan kehidupan individu dan Sosial.

Sumber
Kesuma, Dharma & Teguh Ibrahim. 2016. Struktur Fundamental Pendagogik: Membedah
            Pemikiran Paulo Freire. Bandung: PT Refika Aditama.

Comments

Popular posts from this blog

Hubungan Epistemologi, Metodologi, Dan Metode Ilmiah

Hubungan Epistemologi, Metodologi, Dan Metode Ilmiah Metode ilmiah berperan dalam tataran transformasi dari wujud pengetahuan menuju ilmu pengetahuan. Bisa tidaknya pengetahuan menjadi ilmu pengetahuan yang bergantung pada metode ilmiah, karena metode ilmiah menjadi standar untuk menilai dan mengukur kelayakan suatu ilmu pengetahuan. Sesuatu fenomena pengetahuan logis, tetapi tidak empiris, juga tidak termasuk dalam ilmu pengetahuan, melainkan termasuk wilayah filsafat. Dengan demikian metode ilmiah selalu disokong oleh dua pilar pengetahuan, yaitu rasio dan fakta secara integratif. Metode merupakan suatu prosedur atau cara mengetahui sesuatu yang mempunyai langkah-langkah yang sistematis (Senn, 2002). Sedangkan metodologi merupakan suatu pengkajian dalam mempelajari peraturan dalam metode tersebut. Secara sederhana dapat dikatakan, bahwa metodologi adalah ilmu tentang metode atau ilmu yang mempelajari prosedur atau cara-cara mengetahui sesuatu. Jika metode merupakan prosedur ...

Implementasi Dalam Penelitian

Implementasi Dalam Penelitian Pelaksanaan penelitian, baik kuantitatif maupun kualitatif, sebenarnya merupakan langkah-langkah sistematis yang menjamin diperoleh pengetahuan yang mempunyai karakteristik rasional dan empiris. Secara filosofis kedua pendekatan tersebut mempunyai landasan yang berbeda. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang didasarkan pada filsafat positivistik. Filsafat positivistik berpandangan bahwa gejala alam dapat diklasifikasikan, relatif tetap, konkrit, teramati, terukur, dan hubungan gejala bersifat sebab akibat. Proses penelitian dimulai dari proses yang bersifat deduktif, artinya ketika menghadapi masalah langkah pertama yang dilakukan adalah mencari jawaban secara rasional teoretis melalui kajian pustaka untuk penyusunan kerangka berpikir. Bagi penelitian yang memerlukan hipotesis, kerangka berpikir digunakan sebagai dasar untuk menyusun hipotesis. Langkah berikutnya adalah mengumpulkan dan menganalisis data. Tujuan utama langkah ini adalah un...

Perbedaan Ilmu Dengan Pengetahuan Mistik

Perbedaan Ilmu Dengan Pengetahuan Mistik A.     Ilmu 1.     Hakikat ilmu Ilmu bersifat rasional Contoh: Air selalu menempati ruang 2.     Struktur ilmu Metode ilmiah Contoh: Makhluk hidup yang ada didunia ini selalu berkembang dan tumbuh 3.     Epistimologi ilmu Epistimologi yang mengkaji pengetahuan manusia. Pembagian epistimologi yang meliputi epistimologi umum (memunculkan pertanyaan  ada apa? ), epistimologi khusus (memunculkan pengetahuan yang diproses dan dapat di pertanggung jawabkan, metodologi (mengkaji langkah-langkah praktis untuk memperoleh pengetahuan yang benar).  Pada mulanya sumber pengetahuan adalah akal. Adapun pengembangan yang lain menyatakan pengalaman, nalar, intuisi, keyakinan, otoritas dan wahyu merupakan sumber pengetahuan. Sumber pengetahuan merupakan sumber dalam rangka mencari kebenaran. Dimana teori kebenaran terdiri atas teori korespondensi, teori koherensi, teori...