Motivasi Belajar
Motivasi berasal dari kata “motif” yang diartikan sebagai
“daya penggerak yang telah menjadi aktif” (Sardiman,2001: 71). Pendapat lain juga mengatakan bahwa motivasi
adalah “keadaan dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan kegiatan
untuk mencapai tujuan”. Menurut
Siagian (2004: 137) motivasi merupakan akibat interaksi seseorang dengan
situasi tertentu yang dihadapinya. Motivasi dalam belajar adalah faktor yang sangat penting. Karena motivasi merupakan
keadaan yang mendorong siswa untuk belajar. Kegiatan belajar mengajar seorang
anak didik akan berhasil jika mempunyai motivasi untuk belajar.
Motivasi
belajar bukan saja penting menjadi faktor penyebab siswa belajar matematika,
namun juga menentukan prestasi belajar siswa, memperlancar kegiatan belajar
serta hasil belajar. Motivasi adalah dorongan atau keinginan dengan sekuat tenaga dan fikiran
untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Dorongan tersebut adalah suatu
keinginan, upaya yang dilakukan dan dapat menimbulkan semangat bagi siswa untuk
lebih meningkatkan prestasi. Dorongan dapat berasal dari dalam siswa maupun
dari luar siswa.namun dorongan yang paling berpengaruh besar adalah dari dalam
diri siswa itu sendiri.
Siswa yang memiliki motivasi atau
dorongan yang besar akan memperoleh hasil belajar yang baik. Dengan adanya
dorongan tersebut seorang siswa mengharapkan mendapatkan penghargaan dari
berbagai pihak orang tua dan guru. Penghargaan itu dapat berupa pujian,
pemberian hadiah, dan lain- lain. Definisi motivasi belajar siswa dalam buku psikologi pendidikan Drs. M. Dalyono memaparkan bahwa
“motivasi adalah daya penggerak atau pendorong untuk melakukan sesuatu
pekerjaan, yang bisa berasal dari dalam diri dan juga dari luar”.
Dalam
bukunya Ngalim Purwanto, Sartain mengatakan bahwa motivasi adalah suatu
pernyataan yang kompleks di dalam suatu organisme yang mengarahkan tingkah laku
terhadap suatu tujuan (goal) atau perangsang (incentive). Tujuan adalah yang
membatasi atau menentukan tingkah laku organisme itu (Ngalim Purwanto,
2007:61). Dengan demikian motivasi dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk terjadinya
percepatan dalam mencapai tujuan pendidikan dan pembelajaran secara khusus.
Dari
berbagai pengertian tersebut di atas maka yang dimaksud hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang
dicapai oleh siswa dalam mengikuti program pelajaran matematika yang
ditunjukkan oleh hasil nilai tes.
Sumber
Purwanto Ngalim, 2002, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Comments
Post a Comment