Faktor yang
Mempengaruhi Minat Siswa
Adapun
faktor–faktor lain yang dapat mempengaruhi minat dan motivasi siswa tehadap
pelajaran matematika. Antara lain
:
1. Guru
Faktor Guru dalam hal ini sangatlah penting, karena
seorang guru harus dapat menciptakan suasana
yang menyenangkan dalam menyajikan materi. Hal ini dimaksudkan agar dapat
menimbulkan semangat pada siswa untuk mempelajari suatu materi yang diberikan.
Namun sebaliknya, jika seorang guru tidak dapat menciptakan suasana belajar
yang menyenangkan, maka akan menimbulkan rasa kejenuhan pada diri siswa yang
dapat berakibat pada menurunnya minat siswa terhadap suatu pelajaran.
Selain dapat menciptakan suasana yang menyenangkan,
seorang guru harus dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik sehingga
mempermudah siswa dalam memahami pelajaran dan memotivasi siswa agar menyukai
dan mau mempelajari pelajaran.
Namun sebaliknya, jika seorang guru tidak dapat
menyajikan pelajaran dengan baik maka akan mempersulit siswa untuk memehami
pelajaran. Karena faktor kesulitan dapat membuat siswa enggan untuk mempelajari
materi matematika. Sehingga dalam hal ini diperlukan seorang guru yang
profesional agar dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik.
2. Keluarga
Selain faktor guru, faktor keluarga juga dapat
mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran matematika. Karena dorongan
dan motivasi dari orang tua dapat membangkitkan siswa untuk lebih semangat lagi
dalam belajar. Selain itu, orang tua dapat memberikan motivasi melalui
kata-kata atau pun dengan memberikan hadiah kepada anak jika anak tersebut
mendapat nilai-nilai yang baik, dan sebaliknya jika anak tidak mendapat nilai
yang memuaskan, orang tua tidak boleh memarahinya melainkan memberikan dukungan
kepada anak agar lebih giat lagi belajar. Supaya mendapatkan hasil yang
maksimal, serta agar anak tersebut tidak merasa takut terhadap pelajaran
disekolah.
3. Motivasi
Adapun motivasi yang sering dilakukan disekolah adalah
memberi angka (nilai), hadiah, pujian, memberi tugas, atau pun hukuman dan lain
sebagainya. Diantaranya yaitu sebagai berikut:
a. Dengan
memberi angka atau nilai diharapkan dapat memberi dorongan dan motivasi agar
hasil belajar siswa dapat di tingkatkan lagi.
b. Hadiah ini diharapkan dapat menambah atau
meningkatkan semangat belajar siswa, karena dengan memberikan hadiah kepada
siswa akan dianggap sebagai suatu penghargaan yang sangat berharga bagi siswa
tersebut.
c. Memberikan
pujian terhadap hasil kerja siswa adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh
setiap siswa. Karena hal ini akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi
siswa tersebut, sehingga semangat bersaing siswa untuk belajar akan tinggi.
d. Dengan memberikan tugas
kepada siswa akan memberikan suatu dorongan dan motivasi kepada siswa untuk
memperhatikan segala isi pelajaran yang disampaikan.
e. Dalam proses belajar
mengajar, memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan kesalahan adalah hal
yang harus dilakukan untuk meningkatkan perhatian kepada siswa. Serta
memberikan arahan kepada siswa agar tidak melanggar kembali peraturan tersebut.
4. Materi
Pelajaran
Seorang siswa akan lebih menyukai suatu pelajaran
apabila mereka dapat memahami materi dengan baik. Sebaliknya apabila mereka
tidak dapat memahami materi maka dapat menimbulkan rasa bosan, rasa kejenuhan,
dan rasa takut dalam mempelajari materi.
Selain itu
kemampuan seorang siswa juga dapat berpengaruh dalam pengembangan minat siswa
terhadap pelajaran. Hal ini disebabkan karena apabila siswa tidak memiliki
kemampuan yang baik dalam menerima materi yang telah diberikan, maka akan
berakibat munculnya rasa kurang tertarik dan timbul rasa malas siswa untuk
mempelajari materi matematika. Rasa kurang tertarik ini disebabkan karena siswa
merasa kesulitan dalam menerima materi. Sehingga siswa merasa enggan untuk
lebih mendalam mempelajari materi tersebut dan mereka cenderung memilih untuk
mempelajari mata pelajaran lain, yang di anggap lebih mudah untuk di pelajari.
Maka dapat kita ketahui bahwa kemampuan setiap anak
itu berbeda-beda. Tergantung pada minat dan bakat yang dimiliki. Perbedaan itu
terdapat pada karakteristik psikis kepribadian dan sifat-sifatnya. Perbedaan
ini dapat terlihat pada cara dan hasil belajar siswa itu sendiri, perbedaan ini
seharusnya perlu adanya penangan dari guru sebagai pembimbing dalam rangka
upaya pembelajaran.
Comments
Post a Comment